Persekongkolan Omuniuum x RURU Shop Mencari Alternatif Baru di Industri Musik Indonesia

Persekongkolan Omuniuum x RURU Shop Mencari Alternatif Baru di Industri Musik Indonesia


“Melalui Syarikat Dagang, kami akan tetap bertahan dan terus berjuang”

Dalam menekuni wirausaha di bidang musik, selain hanya menjual produk yang sesuai dengan target pasar, juga diperlukan suatu strategi agar dapat bertahan di tengah peliknya kondisi industri musik Indonesia. Dalam mengatur dan merencanakan sebuah strategi dalam berwirausaha, tentunya banyak pertimbangan yang harus diperhatikan agar tak salah dalam mengambil langkah seperti yang tengah digarap oleh Omuniuum dan Ruru Shop. Namun, tampaknya mereka tengah menyiapkan kejutan yang diharapkan dapat memberikan alternatif baru bagi industri musik Indonesia.

Toko Musik asal Bandung Omuniuum yang telah berpengalaman untuk pendistribusian rilisan fisik band-band independent kini tengah membuat sebuah persekongkolan dengan salah satu toko alternatif serupa yang berasal dari Jakarta, Ruru Shop. Konsep dalam persengkongkolan yang dilakukan keduanya nanti akan melahirkan sebuah rilisan musik berupa kompilasi dari beberapa band independent yang sekaligus mengisi di acara perhelatannya bertajuk “Proyek Usaha Perkongsian SYARIKAT DAGANG” berlokasi di bilangan Jakarta Timur. Kompilasi ini diberi nama “Pintu Rejeki Vol.1” dan berisi band-band naungan Omuniuum dan Ruru Shop seperti Bottlesmoker, Tetangga Pak Gesang, Mr. Sonjaya, Bedchamber, The Kuda, dll. Selain itu aka nada juga peluncuran kompilasi ini yang akan dihelat di Gudang Sarinah Ekosistem, Jalan Pancoran Raya II No 4 Jakarta, pada Minggu, (6/11).

Alasan yang dapat diterka mengenai persekongkolan ini mungkin dikarenakan kedua toko yang bergerak dalam bidang musik ini telah menuai berbagai pengalaman baik dari segi ekonomi ketika mendistribusikan rilisan atau merchandise dari sebuah band indiependent lokal untuk para pendengar musik di tanah air. Kini saatnya mereka mencoba sebuah alternative baru untuk memberikan “ruang” terhadap musisi-musisi potensial yang memang perlu diberikan wadah agar bisa diketahui oleh masyarakat. Jika Bandung memiliki Omuniuum dan Jakarta memiliki Ruru Shop, tampaknya waktu yang tepat untuk kedua toko itu berkolaborasi. Sekaligus persekongkolan ini bisa menjadi alternatif bagi toko-toko serupa yang terdapat di kota lainnya untuk berkolaborasi dan membangun syarikat dagang agar tumbuh iklim kreatif di industri musik Indonesia. .

“Syarikat Dagang adalah laboratorium percobaan kerja kolaboratif oleh Ruru Shop dan Omuniuum dalam menelaah kembali model dan karakter kerja ekonomi mereka sebagai jalur distribusi alternatif bagi musisi dan seniman. Proses ini melahirkan berbagai macam kemungkinan presentasi proyek: pameran seni rupa tentang metode ekonomi, diskusi tentang pola kerja serta cara bertahan di tengah perubahan zaman, serta peluncuran artifak proyek dalam bentuk kompilasi musik bersama seniman dan musisi dalam negeri.” Seperti dikutip melalui press rilis via kanal resminya Omuniuum.

  • Share post