Album ke-2 Dialita : Salam Harapan

Bersama terbitnya matahari pagi Mekar mewah mekarlah melati Salam harapan padamu kawan S’moga kau tetap sehat sentosa
(Cuplikan lagu “Salam Harapan” dari Penjara Bukitduri, Jakarta, 1967)

Lagu di atas adalah salah satu dari puluhan lagu yang lahir di penjara, buah karya tahanan politik (tapol) 1965. Lagu itu diciptakan di penjara Bukitduri, Jakarta, tempat penahanan ratusan tapol perempuan, sebagai ucapan selamat bagi sesama tapol yang berulang tahun. Sebelumnya sudah lahir juga lagu untuk ucapan yang sama, berjudul “Tetap Senyum Menjelang Fajar”.
“Lagu Selamat Ulang Tahun yang umum dinyanyikan rasanya tak cocok buat kami yang terpenjara waktu itu”, ujar Ibu Utati, salah seorang yang dulu ditahan di sana. Oleh karena itu, diciptakanlah dua lagu tersebut, yang lebih bisa mewakili perasaan mereka untuk memberikan semangat kepada sesama tapol, sekaligus untuk merawat harapan bersama agar mental dan pikiran tetap sehat dan harga diri tetap tegak.
Ibu Utati adalah anggota Paduan Suara DIALITA – kelompok bernyanyi yang terdiri dari ibu-ibu penyintas dan keluarganya, berumur rata-rata ‘di atas lima puluh tahun’. Berbelas tahun menjalani hari-hari tersulit tak membuat mereka putus asa.

Tujuh tahun bernyanyi dan berkiprah dalam ragam acara, DIALITA disambut dan didukung oleh kalangan muda – meskipun umur mereka rata-rata sudah seusia nenek para pemuda pendukungnya. DIALITA sudah melahirkan dua album. “Salam Harapan”, album kedua yang dirilis sekarang ini, digawangi oleh Rumahbonita dengan menggandeng delapan orang musisi dan enam penyanyi solo, yakni Bonita, Endah Laras, Endah Widiastuti, Junior Sumantri, Kertika Jahja dan Sita Nursanti di bawah Pimpinan Produksi Petrus Briyanto Adi.
Pembuatan album ini dimaksudkan untuk mendokumentasikan lagu-lagu bersejarah agar tak hilang – sebagaimana banyak bangunan penjara atau kamp-kamp pembuangan yang sudah tak ada jejaknya lagi. Lagu-lagu ini juga menjadi narasi (baru) bagi penulisan sejarah yang dibungkam.

CD terbaru dari paduan suara ibu-ibu Dialita. “Salam Harapan”. IDR 75K. Pemesanan bisa dilakukan melalui watsap ke 087821836088 sertakan nama alamat dan pesanannya atau langsung mampir #omuniuum. •

  • Share post